Vaksinasi Keliling di SDN 01 Munjul Layani 123 Warga

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 123 warga mendapatkan layanan vaksinasi di halaman SDN Munjul 01 Pagi, Jl Dalang, Munjul, Cipayung, Jakarta Timur

Lurah Munjul, Sumarjono mengatakan, layanan vaksinasi dosis pertama untuk warga usia 12 tahun ke atas hingga lanjut usia ini dilakukan untuk percepatan capaian vaksinasi di wilayah tersebut.

Menurut Sumarjono, layanan ini digelar di halaman SDN 01 Munjul karena lokasinya dekat dengan pemukiman warga dan mudah dijangkau.  

"Total ada 129 yang mendaftar untuk mengikuti vaksinasi. Namun dari hasil skrining, hanya 123 orang yang bisa divaksin, sedangkan enam lainnya ditunda," kata Sumarjono.

Dari enam orang yang gagal divaksin ini, jelas Sumarjono, empat di antaranya karena NIK nya tidak terbaca di sistem. Sedangkan dua lainnya gagal divaksin lantaran saat skrining kesehatan mengalami hipertensi.

Untuk warga yang bermasalah dengan NIK-nya, lanjut Sumarjono, pihaknya sudah berkoordinasi ke Sudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur, untuk mengetahui permasalahan dan dicarikan jalan keluarnya.

Disebutkan, untuk layanan vaksinasi ini ada 10 tenaga kesehatan dari Puskesmas Kelurahan Munjul yang bertugas. Mereka dibantu ASN dari kelurahan untuk bagian input data dan administrasi.

Selain itu juga ada kader TP PKK, dasawisma yang membantu bagian pendaftaran. Satpol PP dan FKDM juga turut membantu pengamanan dan alur keluar masuk warga agar tidak terjadi kerumunan.